Friday, October 28, 2011

Sejarah Satria Muda Indonesia

Latar Belakang 
Kita sama-sama mendengar dan melihat sejarah bangsa kita berjuang untuk merdeka adalah perjuangan para Pendekar. Modal yang digunakan salah satunya adalah Ilmu Pencak Silat.
Oleh sebab itu perlu kiranya kita sebagai penerus kemerdekaan untuk mengembangkan Seni Bela Diri Tradisi bangsa kita yaitu Pencak Silat, terutama di sekolah. Agar kiranya Budaya Bangsa Pencak Silat ini tidak pernah mati dan selalu mengibarkan semangat juang bagi peserta didik serta memiliki rasa bangga akan Sejarah perjuangan Bangsa.
Oleh sebab itu kami Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia adalah salah satu unsur Organisasi yang dalam pendiriannya mempunyai maksud yang murni untuk turut serta di dalam pelestarian Pencak Silat sebagai budaya bangsa serta sebagai wahana dalam menyiapkan ksatria-kastria bangsa dI Negara Republik Indonesia telah membuat sebuah program dalam bentuk latihan Pencak Silat dalam program Ekstrakulikuler di sekolah.
Dasar Kegiatan
Perguruan Pencak Silat Satria Muda berazaskan Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 bersifat independent dan tidak terikat kepada salah satu Partai Politik atau Organisasi beraliran politik.
Pengertian Satria Muda adalah Pendekar yang kuat lahir dan bathin, pemberani dan Ksatria, bijaksana dan sopan santun, berbudi luhur dan kasih sayang, penuh cinta serta berbakti kepada tanah air dan Tuhan Yang Maha Esa.

Maksud dan Tujuan

Tujuan Program Ekstrakulikuler Pencak Silat Satria Muda Indonesia :
  1. Menghimpun, melestarikan dan mengembangkan aliran seni Budaya Pencak Silat Tradisional Indonesia yang berada di Wilayah Nusantara Khususnya di Riau.
  2. Menyelenggarakan pendidikan  dan pelatihan serta meningkatkan mutu dan prestasi Pencak Silat sebagai sarana menempa generasi muda untuk menjadi Pendekar Bangsa khususnya bagi Peserta maupun anak didik yang berada di sekolah-sekolah Yayasan Cendana Propinsi Riau.
  3. Melatih dan mendidik para siswa tentang keilmuan Pencak Silat, filosofi Pencak Silat, Semangat Juang Pencak Silat, dan mental Pencak Silat.
  4. Mengembangkan Organisasi Perguruan yang dikelola secara lebih profesional untuk tercapainya kemandirian organisasi, meningkatkan mutu dan prestasi Pencak Silat sebagai jati diri Bangsa yang Tumbuh dan berkembang sesuai perkembangan jaman dan menjadikan Pencak Silat Tuan
  5. Dinegeri Sendiri sebagai kebanggaan Bangsa Indonesia.
Metode Latihan dan Materi Latihan
Metode yang diberikan dalam pelatihan ini bermacam-macam disesuaikan dengan materi yang, beberapa metode itu dapat berupa :
  1. Latihan Lapangan ( Peragaan/ Praktek Lapangan )
  2. Ceramah dan Diskusi ; Untuk materi Teknik Kepelatihan Sejarah Silat, Filosofi maupun Patriotisme dan Problem Solving.
  3. Latihan Simulasi / Sparring dan Try Out
  4. dll.
Materi yang akan diajarkan dalam latihan adalah :
  1. Pencak Silat Prestasi, yaitu berupa :
    • Pencak Silat Laga / Tanding
    • Pencak Silat Seni ( Tunggal/ Ganda/ Regu )
  2. Pencak Silat Tradisi, yaitu berupa :
    • Pencak Silat Aliran Kumango, dan Harimau ( dari Sumatera Barat )
    • Pencak Silat Aliran Cikalong, dan Cimande ( dari Jawa Barat )
dan beberapa aliran Pencak Silat Nusantara lainnya.

5 comments:

  1. semangat untuk melestarikan budaya pencak silat memang butuh pengorbanan yang besar.tidak hanya materi saja .jasmani pun harus disiap.

    ReplyDelete
  2. salam satria dari anggota PPS SATRIA MUDA INDONESIA KOMWIL CIANJUR UNIT MANDE

    ReplyDelete
  3. salam satria
    semoga makin jaya
    dari anggota SATRIA MUDA INDONESIA KORWIL POLTANGAN

    ReplyDelete
  4. Harus lebih banyak pembendaharaan teknik dari ilmu beladiri lain

    ReplyDelete
  5. bang kalau latihan silat laga yang paling penting untuk di latihin apa sih bang ?

    tolong di jawab

    ReplyDelete